Mivo TV

Minggu, 04 Oktober 2009

pembejaran al-quran

Efektivitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Menggunakan Buku Al-Barqy di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurut-taqwa Malang

Lilik Azizah

Abstrak


Pembelajaran Al-Qur’an yang terdiri atas belajar membaca dan menulis huruf Al-Qur’an mengalami perkembangan yang pesat, seiring dengan perkembangan agama Islam. Pembelajaran Al-Qur’an tidak hanya dilaksanakan di sekolah, tetapi juga di luar sekolah seperti surau, masjid, ataupun Pondok pesantren, sehingga disusun beberapa buku sebagai penunjang pembelajaran beserta kurikulumnya. Buku yang terkenal antara lain: Iqra’, Qiroati, Al-bagdadi, dan Al-Barqy. Masing-masing buku tersebut mempunyai kelebihan, keunggulan, dan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda-beda. Peneliti memilih buku Al-Barqy karena keunikan dari buku tersebut, antara lain: (1) menggunakan sistem 8 Jam, artinya hanya dengan waktu 8 jam murid dapat membaca dan menulis huruf Al-Qur’an, (2) menggunakan SAS (Struktur Analitik Sintetik) yang memudahkan murid belajar Al-Qur’an, (3) memperhatikan pendekatan, sistematika dan teknik dalam pembelajaran, (4) bukunya dilengkapi teknik imlak yang praktis dan teknik menulis khat, dilengkapi buku latihan menulis huruf Al-Qur’an (LKS), (5) sangat cepat jika dipakai klasikal, bahkan massal, dan (6) tidak membosankan karena ada teknik-teknik yang akurat dan menarik seperti: menyanyi, permainan dan lain-lain. Dengan karakteristik tersebut, maka peneliti ingin mengetahui keefektifan dari buku Al-Barqy.

Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan rancangan penelitian pre-tes-pasca-tes dengan satu kelompok (one-grouppretest-pos-testt), dengan populasi seluruh murid TPQ Nurut-taqwa Malang yang sedang mempelajari buku Al-Barqy, yaitu kelas Al-Barqy A berjumlah 5 orang dan kelas Al-Barqy B berjumlah 10 orang. Sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan dokumen, tes membaca dan menulis huruf Al-Qur’an yang diambil dari buku Al-Barqy.

Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap, pertama: terdiri atas pemeriksaan kembali seluruh data yang diperoleh, dan penyekoran data, kedua: mencari perbedaan antara nilai pre-test dan post-test dengan menggunakan rumus nilai rata-rata, dan Uji-t berpasangan (Paired T-tes).

Berdasarkan hasil analisa dari dokumen, diketahui bahwa nilai rata-rata (mean) perkelas pre-test kemampuan membaca kelas A, yaitu: 74. dan nilai rata-rata (mean) perkelas pre-test kemampuan membaca kelas B, yaitu: 69. Sedangkan nilai rata-rata (mean) perkelas pre-test kemampuan menulis kelas A, yaitu: 73, dan nilai rata-rata (mean) perkelas pre-test kemampuan menulis kelas B, yaitu: 75, 3. Hal ini berarti kemampuan pre-test membaca dan menulis kelas A dan B dalam tingkat cukup.

Nilai rata-rata (mean) perkelas kemampuan post-test membaca kelas A, yaitu: 87, dan nilai rata-rata (mean) perkelas post-test kemampuan membaca kelas B, yaitu: 80. Sedangkan nilai rata-rata (mean) perkelas kemampuan post-test menulis kelas A, yaitu: 87, 6. Sedangkan nilai rata-rata (mean) perkelas post-test kemampuan menulis kelas B, yaitu: 88, 1. Hal ini berarti kemampuan pos-test membaca dan menulis kelas A dan B dalam tingkat sedang.

Kemampuan membaca santri TPQ Nurut-taqwa Malang dapat dikatakan masih dalam taraf cukup. Sedangkan kemampuan menulis santri TPQ Nurut-taqwa Malang, dapat dikatakan dalam tingkat sedang.

Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian yang telah dilakukan antara lain: (1) bagi penelitian selanjutnya diharapkan; (a) digunakan sampel lebih banyak sehingga hasil pengujian lebih akurat, (b) diadakan penelitian yang sama di tempat lain; (2) pemerintah hendaknya mendorong masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan baik pendidikan informal maupun formal sehingga mutu pendidikan lebih terjamin, dan pengetahuan masyarakat indoneia lebih meningkat; (3) bagi TPQ Nurut-taqwa Malang: (a) meningkatkan kwalitas madrasah hendaknya menganjurkan para pendidik untuk mengikuti pelatihan-pelatihan kependidikan yang sesuai dengan misi yayasan, (b) menggunakan peraturan dan teknik pengajaran dengan menggunakan buku Al-Barqy sebagaimana di TPQ pusat Al-Barqy, dan (c) mengadakan studi banding ke TPQ pusat agar menambah wawasan tentang teknik pengajaran dengan menggunakan buku Al-Barqy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGUMUMAN PENTING

untuk pengumuman Peserta PPAKP Angkatan II di medan tahun 2009 sudah bisa di lihat di......................(maaf belum ada)

detiknews - detiknews

KOMPAS.com

Hasil Konvirmasi dengan Pejabat Perbendaharaan Negara di Jakarta

Saya menanyakan maslah inventaris yang dibeli dengan dana BOS kepada siapapun saya menanyakan tidak bisa menjawab dan kalau pun menjawab hannya mencoba-coba untuk memberikan jawaban dia yang memberikan jawaban pun tidak dapat dipertanggung jawabkan. oleh karena itu saya mengambil inisiatif untuk menanyakan langsung kepada Ibu endang ningrum yang bekerja di DEPKEU Negara RI di Jakarta.
Kronologisnya seperti ini :

Masalah yang di tanyakan

Satker kami memiliki barang inventaris yang belum dilaporkan ke dalam aplikasi BMN yaitu berupa leptop yang dibeli dengan dana BOS namun saya enggak tau barang ini saya masukkan kemana karena adanya SPM dan SP2D kalu saya masukkan memaluli pembelian BMN.Namun kalau dimasukkan melalui hibah tidak ada berita acara hibah, kalau di buat transfer lebih salah lagi karena barang itu dibeli sendiri. nah yang ingin saya konvirmasikan ke ibu, saya terpaksa memasukkan leptop itu kedalam Aplikasi BMN melalui Hibah Masuk dan pada kolom keterangannya saya buat pembelian dengan dana BOS.

Jawaban dari Ibu Endang Ningrum

Terima kasih atas pertanyaannya...
Kalau Bapak masukkan sebagai Hibah masuk itu juga keliru pak...karena hibah itu pengertiannya dari luar APBN...sementara ini kan dari Dana BOS...yang asalnya dari APBN.
Dari satker yang punya dana BOS biasanya dinas propinsi keluarnya dana itu (SPM/SP2D mareka) sebagai belanja 57 (bantuan Sosial)...dan bapak terima dalam bentuk uang kan...lalu bapak belanjakan untuk beli leptop. jadi dalam hal ini, bapak tetap harus mencatat sebagai perolehan yang dimasukkan melalui menu pembelian.
pada saat mengisi dalam SIMAK BMN melalui pembelian ini...kosongkan saja data SPM/SP2Dnya...yang penting bapak merekam harga PER ASET/PER SATUAN (berdasarkan kwitansi pembelian).
Kami di DEPKEU ini sudah mencoba kasus bapak ini disini, dan perekaman barang melalui menu pembelian dengan tidak mengisi data SPM/SP2D dapat dilakukan. yang penting nilai satuannya direkam dengan benar, sehingga data yang akan dikirimkan ke SAKPA tersebut benar, dan nilai leptop akan menambah neraca SAKPA pada perkiraan Peralatan dan Mesin.
demikian pak semoga dapat dipahami...kalo kurang jelas, silahkan hubungi saya lagi... (endang ningrum)


Cari Blog Ini

LAMBANG ACEH

LAMBANG ACEH
Singa dan Kilat (BURAQ)

bulan

bulan
bulan menyerupai huruf ijaiyah "ba"

Laman

SELAMAT HARI RAYA IDUL QURBAN 1430 H

Allahhu Akbar 3x Lailahaillallah huwallahhu akbar Allah Akbar Walillah Hilham.
Semoga lebaran ini akan menyenangkan hati awak semua dan menjadikan momentum Idil Adha ini sebagai ajang berkurban kepada Allah dan juga sebagai ajang silaturrahmi yang islami jangan dijadikan sebagai ajang memuaskan hawa nafsu yang selama ini sudah kita kekang dan berbuat ma'siat.sungguh sangat di sayangkan bila momen ini dijadikan sebagai ajang berbuat maksiat. Sesungguhnya, orang yang benar-benar beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhanlah mereka bertawakal (Al Anfal: 2)

Pengikut

Buah Hati

Buah Hati
M. Arif Ghufran Besar

Buah Hati

Buah Hati
M.Razil Ghufran

Buah Hati

Buah Hati
M. Arif Ghufran Kecil